Minggu, 15 November 2015

PIDATO BUPATI KAPUAS HULU DALAM ACARA PISAH SAMBUT GURU MUDA INDONESIA MENGAJAR ANGKATAN 8 DAN 10 TAHUN 2015 DI KABUPATEN KAPUAS HULU



B U P A T I   K A P U A S   H U L U
PIDATO BUPATI KAPUAS HULU
DALAM ACARA PISAH SAMBUT GURU MUDA INDONESIA MENGAJAR ANGKATAN 8 DAN 10
TAHUN 2015 DI  KABUPATEN KAPUAS HULU


YTH. KETUA DPRD SERTA ANGGOTA DPRD KAB. KAPUAS HULU.
YTH. FORKOMPIDA KAB. KAPUAS HULU
KEPALA BADAN, DINAS, KANTOR, DAN BAGIAN DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN KAPUAS HULU
SAUDARA-SAUDARA GURU MUDA INDONESIA MENGAJAR A


SAUDARA-SAUDARA DEWAN  GURU
TAMU UNDANGAN YANG SAYA HORMATI

MENGAWALI KEGIATAN PENGUKUHAN KEPALA SEKOLAH,  SAYA INGIN MENGAJAK SAUDARA-SAUDARA YANG HADIR DI RUANGAN INI, MEMANJATKAN  PUJA DAN PUJI SYUKUR KE-HADIRAT ALLAH SWT, ATAS SEGALA NIKMAT DAN KARUNIA NYA YANG SENATIASA DIBERIKAN KEPADA KITA.
DENGAN NIKMAT DAN KARUNIA-NYA JUGA,  KITA SEMUA BISA BERKUMPUL DALAM ACARA INI DALAM KEADAAN SEHAT WAL AFIAT.
SEMOGA ALLAH YANG MAHA KUASA MERIDOI SELURUH RANGKAIAN KEGIATAN INI SAMPAI DENGAN SELESAI.

HADIRIN YANG KAMI MULIAKAN
SEBELUM MEMBERIKAN BEBERAPA SAMBUTAN KEPADA SAUDARA-SAUDARA KEPALA SEKOLAH YANG AKAN DIKUKUHKAN, TERLEBIH DAHULU SAYA INGIN MENYAMPAIKAN BEBERAPA HAL.

PERTAMA, TAHUN INI ADALAH TAHUN TERAKHR BAGI SAYA DAN SAUDARA AGUS MULYANA MENJABAT SEBAGAI BUPATI DAN WAKIL BUPATI KAPUAS HULU.

SAYA YAKIN, SELAMA KAMI BERDUA MENGEMBAN AMANAT SEBAGAI BUPATI DAN WAKIL BUPATI, BANYAK PERSOALAN YANG BELUM KAMI TUNTASKAN, MASIH BANYAK PEKERJAAN RUMAH YANG MASIH TERTUNDA.  BAIK DALAM PEMBANGUNAN, PELAYANAN PENDIDIKAN MAUPUN PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN LAINNYA.

BEGITU JUGA HARAPAN-HARAPAN YANG SAUDARA-SAUDARA IMPIKAN DAN TITIPKAN, KAMI SADAR BETUL BELUM SEPENUHNYA MAMPU MEWUJUDKAN, MUDAH-MUDAHAN JIKA SAUDARA-SAUDARA BERKENAN MENDUKUNG KAMI KEMBALI DAN YANG MAHA KUASA MERIDHOI, KAMI AKAN LANJUTKAN PADA PERIODE YANG AKAN DATANG.

REKAN-REKAN KEPALA SEKOLAH YANG KAMI CINTAI
SEBAGAI MANUSIA JUGA, KAMI SADARI SEPENUHNYA,  SEGALA KETERBATASAN YANG ADA, PASTI BANYAK KEKELIRUAN YANG DILAKUKAN  KAMI BERDUA SELAMA MEMIMPIN BUMI UNCAK KAPUAS INI. ADA BANYAK KESALAHAN YANG TIDAK BERKENAN DI HATI  SAUDARA-SAUDARA. UNTUK ITULAH MELALUI MOMENT PENGUKUHAN KEPALA SEKOLAH DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN KAPUAS HULU, DARI LUBUK HATI YANG PALING DALAM,  KAMI BERDUA MENYAMPAIKAN PERMOHONAN MAAF YANG SETULUS-TULUSNYA.

SELANJUTNYA JUGA, KAMI MENYAMPAIKAN UCAPAN TERIMA KASIH YANG TAK TERHINGGA, ATAS ATAS SEGALA DUKUNGAN DAN KERJASAMA YANG DIBERIKAN OLEH SAUDARA-SAUDARA KEPADA KAMI,  BAIK SEBELUM KAMI MENJADI BUPATI / WAKIL KAPUAS HULU MAUPUN SETELAH KAMI BERDUA MENJADI BUPATI/WAKIL BUPATI

HADIRIN DAN KEPALA SEKOLAH YANG KAMI CINTAI,
PERLU JUGA KAMI SAMPAIKAN BAHWA DALAM PEMILIHAN KEPADA DAERAH TAHUN 2015 INI “JIKA ALLAH MERIDHOI DAN SELURUH KOMPONEN MASYARAKAT KAPUAS HULU MERESTUI, INSYA ALLAH, KAMI KEMBALI AKAN MENGAJUKAN DIRI SEBAGAI CALON BUPATI KAPUAS HULU PERI0DE 2015-2020.

REKAN-REKAN KEPALA SEKOLAH YANG KAMI BANGGAKAN
SAAT INI KITA BERADA DALAM ABAD 21.  MASALAH YANG KITA HADAPI BEGITU KOMPLEKS DAN DINAMIS. PERTAMBAHAN PENDUDUK TERUS MENINGKAT DARI WAKTU KE WAKTU. MENURUT UNITED NATION POPULATION NATION= UNPN (ORGANISASI PBB YANG MENANGANI KEPENDUDUKAN) DIPEKIRAKAN PENDUDUK DUNIA AKAN MENCAPAI 9,2 MILYAR ORANG PADA TAHUN 2050.
SEMENTARA SUMBER DAYA ALAM (MINERAL DAN SUMBER LAINNYA) CENDERUNG TETAP BAHKAN LAMA KELAMAAN AKAN TERKURAS HABIS. DALAM KONDISI SEPERTI INI, APA YANG DAPAT KITA LAKUKAN?

SATU-SATUNYA SOLUSI YANG DAPAT MEMBERIKAN JAWABAN ATAS KENYATAAN INI SEMUA ADALAH ILMU PENGETAHUAN. PERAN ILMU PENGETAHUAN TIDAK HANYA MENJADI BAHAN KAJIAN AKADEMIS SEMATA, TETAPI LEBIH DARI ITU, PENGATAHUAN BERPERAN SECARA PRAKTIS DALAM KEHIDUPAN NYATA.

HADIRIN YANG KAMI MULIAKAN
PENGETAHUAN BERPERAN DALAM BERBAGAI SEKTOR KEHIDUPAN MANUSIA, DALAM KONDISI KETERBATASAN SUMBER-SUMBER MINERAL YANG KITA MILIKI, PENGETAHUAN MENJADI SALAH SATU SOLUSI YANG MAMPU MENJAWAB SEMUA INI.

DALAM DUNIA EKONOMI ABAD 21,  SUMBER-SUBER KEHIDUPAN EKONOMI SAMA SEPERTI SUMBER LAINNYA MENGALAMI KELANGKAAN. DALAM SITUASI SEPERTI INI, EKONOMI AKHIRNYA DIKENDALIKAN TEKNOLOGI INFORMASI. 93% PEREKONOMIAN DUNIA TELAH DILAKSANAKAN SECARA DIGITAL.

FAKTA YANG LAIN JUGA MENUNJUKKAN LEBIH DARI 80% KEKAYAAN NEGARA-NEGARA INDUSTRI MAJU DIBANGKITKAN OLEH INFORMASI  DAN USAHA JASA YANG JUGA MERUPAKAN INDUSTRI, NAMUN BAHAN MENTAHNYA BUKANLAH BERUPA TANAH, MESIN, TENAGA KERJA, BAHAN BAKU LAINNNYA, MELAINKAN PENGETAHUAN (WESTLAND, 2022).



HADIRIN YANG KAMI MULIAKAN
MAJU MUNDURNYA PENGETAHUAN SUATU NEGARA AKAN SANGAT BERGANTUNG PADA MAJU MUNDURNYA PENDIDIKAN NEGARA TERSEBUT.
PENDIDIKAN ADALAH JEMBATAN DALAM ILMU PENGETAHUAN. PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN MERUPAKAN SATU KESATUAN YANG TIDAK TERPISAHKAN.

DALAM KELANGSUNGAN KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA, PENDIDIKAN MENJADI ISU STRATEGIS TERHADAP KEMAKMURAN, KESEJAHTERAAN DAN KEMAJUAN SUATU BANGSA. ARTINYA, SEMAKIN BAIK KUALITAS YANG DIMILIKI SUATU BANGSA, MAKA DAPAT DIPASTIKAN BAHWA TINGKAT KEMAKMURAN, KEMAJUAN DAN KESEJAHTERAAN AKAN MENINGKAT DENGAN SENDIRINYA.  

BUNG KARNO PERNAH MEMBERIKAN SATU PESAN KEPADA BANGSA KITA BAHWA “SATU-SATUNYA JALAN UNTUK MERUBAH NASIB SUATU BANGSA HANYALAH PENDIDIKAN

HADIRIN YANG KAMI MULIAKAN, KEPALA SEKOLAH YANG KAMI BANGGAKAN
APABILA KITA BUKA KEMBALI PRESTASI PENDIDIKAN DI NEGERI INI, DATA MENUNJUKAN BAHWA CAPAIAN PENDIDIKAN DI INDONESIA TERUS MENGALAMI PENINGKATAN DARI WAKTU KE WAKTU. BERAPA BANYAK LULUSAN DARI PERGURUAN TINGGI BAHKAN DARI SEKOLAH MENENGAH DAN DASAR YANG MENOREHKAN TINTA EMAS DI NEGERI LAIN. INI JELAS MEMBERIKAN SATU BUKTI, BAHWA PENDIDIKAN KITA TELAH MENGALAMI PERBAIKAN.

NAMUN KEMAJUAN INI TIDAKLAH SERTA MERTA MEMBERIKAN SATU KESIMPULAN BAHWA KITA TELAH BERHASIL SECARA PENUH DALAM DUNIA PENDIDIKAN YANG AKHIRNYA KITA MENJADI PUAS DAN TIDAK ADA USAHA UNTUK MEMBANGUN DUNIA PENDIDIKAN LEBIH BAIK LAGI. 

MASIH BANYAK PERSOALAN-PERSOALAN LAIN DALAM DUNIA PENDIDIKAN YANG HARUS KITA SELESAIKAN.



HADIRIN YANG KAMI BANGGAKAN,
KEPALA SEKOLAH YANG KAMI CINTAI.
PERHATIAN TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN, TIDAK HANYA MENJADI PERHATIAN DALAM ERA REFORMASI SAAT INI. SEJAK AWAL KEMERDEKAAN PARA PENDIRI KEMERDEKAAN TELAH BERKOMITMEN TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN.
LANDASAN KONSTITUSI 1945 MENGAMANATKAN BAHWA “TUJUAN TERBENTUKNYA NKRI INI ADALAH DALAM RANGKA MEMAJUKAN KECERDASAN UMUM,  MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA DAN IKUT SERTA MELAKSANAKAN PERDAMAIAN DUNIA.

PENDIDIKAN SELAMA INI SERING KITA IDENTIKKAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR YANG ADA DI SEKOLAH YANG BERTUJUAN UNTUK MENGAJAR PADA ANAK DIDIK KITA AGAR BISA MEMBACA DAN BERHITUNG.

HADIRIN YANG KAMI BANGGAKAN,
KEPALA SEKOLAH YANG KAMI CINTAI.
DALAM  UNDANG-UNDANG NOMOR NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL, LEBIH JELAS DINYATAKAN BAHWA  PENDIDIKAN ADALAH USAHA SADAR DAN TERENCANA UNTUK MEWUJUDKAN SUASANA BELAJAR DAN PROSES PEMBELAJARAN AJAR PESERTA DIDIK SECARA AKTIF MENYUMBANGKAN POTENSI DIRINYA UNTUK MEMILIKI KEKUATAN SEPIRITUAL KEAGAMAAN, PENGENDALIAN DIRI, KEPRIBADIAN, KECERDASAN, AKHLAK MULIA, SERTA KETERAMPILAN YANG DIPERLUKAN DIRINYA, MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA.

SEMENTARA KI HAJAR DEWANTARA MERUMUSKAN BAHWA PENDIDIKAN ADALAH “DAYA UPAYA UNTUK MEMAJUKAN BERTUMBUHNYA BUDI PEKERTI (KEKUATAN BATIN KARAKTER), PIKIRAN (INTELEK), DAN TUBUH ANAK. KETIGA-TIGANYA TIDAK BOLEH DIPISAH– PISAHKAN, AGAR SUPAYA KITA DAPAT MEMAJUKAN KESEMPURNAAN HIDUP, KEHIDUPAN DAN PENGHIDUPAN ANAK–ANAK DIDIK SELARAS DENGAN DUNIANYA

BERTITIK TOLAK DARI PENGERTIAN INI, MAKA FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA ADALAH UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN  DAN MEMBENTUK WATAK SERTA PERADABAN BANGSA YANG BERMARTABAT DALAM RANGKA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA, BERTUJUAN UNTUK BERKEMBANGNYA POTENSI PESERTA DIDIK AGAR MENJADI MANUSIA YANG BERIMAN DAN BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, BERAKHLAK MULIA, SEHAT, BERILMU, CAKAP, KREATIF, MANDIRI, DAN MENJADI WARGA NEGARA YANG DEMOKRATIS DAN BERTANGGUNGJAWAB.

SEJALAN DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN SEBAGAIMANA YANG DIAMANATKAN DALAM UNDANG-UDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 20 TAHUN 2003, PENDIDIKAN NASIONAL DEWASA INI DALAM ERA ABAD 21 BERTUJUAN BERTUJUAN UNTUK:
“MEWUJUDKAN CITA-CITA BANGSA YAITU MASYARAKAT BANGSA INDONESIA YANG SEJAHTERA DAN BAHAGIA, DENGAN KEDUDUKAN YANG TERHORMAT DAN SETARA DENGAN BANGSA LAIN DALAM DUNIA GLOBAL, MELALUI PEMBENTUKAN MASYARAKAT YANG TERDIRI DARI SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS, YAITU PRIBADI YANG MANDIRI, BERKEMAUAN DAN BERKEMAMPUAN UNTUK MEWUJUDKAN CITA-CITA BANGSA”

HADIRIN YANG KAMI MULIAKAN,
UNTUK MEWUJUDKAN CITA-CITA PENDIDIKAN NASIONAL BANGSA  KITA, BEBERAPA HAL YANG HARUS KITA PERHATIKAN
A.    UNTUK MENGHADAPI ABAD XXI YANG MAKIN SYARAT DENGAN TEKNOLOGI DAN SAINS DALAM MASYARAKAT GLOBAL DI DUNIA INI, MAKA PENDIDIKAN KITA HARUSLAH BERORIENTASI PADA ILMU PENGETAHUAN MATEMATIKA DAN SAINS ALAM DISERTAI DENGAN SAINS SOSIAL DAN KEMANUSIAAN (HUMANIORA) DENGAN KESEIMBANGAN YANG WAJAR.
B.    PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN, BUKAN HANYA MEMBUAT SEORANG PESERTA DIDIK BERPENGETAHUAN, MELAINKAN JUGA MENGANUT SIKAP KEILMUAN,  SIKAP TERHADAP ILMU PENGETAHUAN, YAITU KRITIS, LOGIS, INVENTIF DAN INOVATIF, SERTA KONSISTEN, NAMUN DISERTAI PULA DENGAN KEMAMPUAN BERADAPTASI.
DI SAMPING MEMBERIKAN ILMU PENGETAHUAN, PENDIDIKAN INI HARUS DISERTAI DENGAN MENANAMKAN NILAI-NILAI LUHUR DAN MENUMBUH KEMBANGKAN SIKAP TERPUJI UNTUK HIDUP DALAM MASYARAKAT YANG SEJAHTERA DAN BAHAGIA DI LINGKUP NASIONAL MAUPUN DI LINGKUP ANTARBANGSA DENGAN SALING MENGHORMATI DAN SALING DIHORMATI.
C.   UNTUK MENCAPAI INI, DARI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR, MENENGAH DAN PENDIDIKAN TINGGI HARUSLAH MERUPAKAN SUATU SISTEM YANG TERSAMBUNG ERAT TANPA CELAH, SETIAP JENJANG MENUNJANG PENUH JENJANG BERIKUTNYA, MENUJU KE FRONTIER ILMU.
NAMUN DEMIKIAN, PENTING PULA PADA AKHIR SETIAP JENJANG, DI SAMPING JENJANG UNTUK KE PENDIDIKAN BERIKUTNYA, TERBUKA PULA JENJANG UNTUK LANGSUNG TERJUN KE MASYARAKAT.
D.   BAGAIMANAPUN JUGA, PADA SETIAP JENJANG PENDIDIKAN PERLU DITANAMKAN JIWA KEMANDIRIAN, KARENA KEMANDIRIAN PRIBADI MENDASARI KEMANDIRIAN BANGSA, KEMANDIRIAN DALAM MELAKUKAN KERJASAMA YANG SALING MENGHARGAI DAN MENGHORMATI, UNTUK KEPENTINGAN BANGSA.
E.    KHUSUS DI PERGURUAN TINGGI, DALAM MENGHADAPI KONVERGENSI (PENYATUAN) BERBAGAI BIDANG ILMU PENGETAHUAN, MAKA PERLU DIHINDARKAN SPESIALISASI YANG TERLALU AWAL DAN TERLALU TAJAM.
F.    DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN PERLU DIPERHATIKAN KEBHINNEKAAN  ETNIS, BUDAYA, AGAMA DAN SOSIAL, TERUTAMA DI JENJANG PENDIDIKAN AWAL. NAMUN DEMIKIAN, PELAKSANAAN PENDIDIKAN YANG BERBEDA INI DIARAHKAN MENUJU KE SATU POLA PENDIDIKAN NASIONAL YANG BERMUTU.
G.   UNTUK MEMUNGKINKAN SELURUH WARGANEGARA MENGENYAM PENDIDIKAN SAMPAI KE JENJANG PENDIDIKAN YANG SESUAI DENGAN KEMAMPUANNYA, PADA DASARNYA PENDIDIKAN HARUS DILAKSANAKAN OLEH PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DENGAN MENGIKUTI KEBIJAKAN YANG DITETAPKAN OLEH PEMERINTAH (PUSAT DAN DAERAH).
H.   UNTUK MENJAMIN TERLAKSANANYA PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS, SISTEM MONITORING YANG BENAR DAN EVALUASI YANG BERKESINAMBUNGAN PERLU DIKEMBANGKAN DAN DILAKSANAKAN DENGAN KONSISTEN. LEMBAGA PENDIDIKAN YANG TiDAK MENUNJUKKAN KINERJA YANG BAIK HARUS DIHENTIKAN.

HADIRIN YANG KAMI MULIAKAN, KEPALA SEKOLAH YANG KAMI BANGGAKAN
DALAM UPAYA MEWUJUDKAN TUJUAN PENDIDIKAN SEKALIGUS SEBAGAI UPAYA MENGANTISIPASI TUNTUTAN ABAD 21, PERAN SAUDARA-SAUDARA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI KOMANDAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN SANGAT DIHARAPKAN. UNTUK MEWUJUDKAN INI SEMUA, KEMAMPUAN ATAU KOMPETENSI SDM SAUDARA-SAUDARA DITUNTUT.

KOMPETENSI ABAD 21 MENGISYARATKAN PERSYARATAN MINIMAL YANG HARUS DIMILIKI SDM DI SEMUA JENJANG/LEVEL ORGANISASI:
A.   KEMAMPAUN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH (CRITICAL-THINKING AND PROBLEM-SOLVING SKILLS). SAUDARA-SAUADARA MAMPU BERFIKIR SECARA KRITIS, LATERAL, DAN SISTEMIK, TERUTAMA DALAM KONTEKS PEMECAHAN MASALAH;
B.   KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN BEKERJASAMA (COMMUNICATION AND COLLABORATION SKILLS). SAUDARA-SAUADARA MAMPU BERKOMUNIKASI DAN BERKOLABORASI SECARA EFEKTIF DENGAN BERBAGAI PIHAK;
C.   KEMAMPUAN MENCIPTA DAN MEMBAHARUI (CREATIVITY AND INNOVATION SKILLS) SAUDARA-SAUADARA MAMPU MENGEMBANGKAN KREATIVITAS YANG DIMILIKINYA UNTUK MENGHASILKAN BERBAGAI TEROBOSAN YANG INOVATIF;
D.  LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (INFORMATION AND COMMUNICATIONS TECHNOLOGY LITERACY)
-        SAUDARA-SAUADARA MAMPU MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN kOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DAN AKTIVITAS SEHARI-HARI;
E.   KEMAMPUAN BELAJAR KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL LEARNING SKILLS)
-      SAUDARA-SAUADARA MAMPU MENJALANI AKTIVITAS PEMBELAJARAN MANDIRI YANG KONTEKSTUAL SEBAGAI BAGIAN DARI PENGEMBANGAN PRIBADI;
F.   KEMAMPUAN INFORMASI DAN LITERASI MEDIA (INFORMATION AND MEDIA LITERACY SKILLS) – MAMPU MEMAHAMI DAN MENGGUNAKAN BERBAGAI MEDIA KOMUNIKASI UNTUK MENYAMPAIKAN BERAGAM GAGASAN DAN MELAKSANAKAN AKTIVITAS KOLABORASI SERTA INTERAKSI DENGAN BERAGAM PIHAK

HADIRIN YANG BERBAHAGIA, REKAN-REKAN KEPALA SEKOLAH YANG KAMI BANGGAKAN

SAUDARA-SAUDARA KAMI BERIKAN TUGAS TAMBAHAN SEBAGAI KEPALA SEKOLAH, TIDAK HANYA DIDASARKAN PADA PERSYARATAN PANGKAT/ ATAU SYARAT ADMINISTRATIF LAINNYA, LEBIH DARI ITU, KARENA KAMI  PERCAYA SAUDA-SAUDARA MAMPU MENGEMBAN TUGAS DAN AMANAH YANG KAMI BERIKAN.

SELAIN ASPEK KOMPETENSI, ASPEK YANG LAIN YANG JUGA HARUS SAUDARA PERHATIKAN DALAM MENJALANKAN TUGAS TAMBAHAN SEBAGAI KEPALA SEKOLAH ANTARA LAIN

PERTAMA, DIMENSI KEPRIBADIAN
-    SAUDARA-SADAUARA KEPALA SEKOLAH SEYOGNYA MEMILIKI AKHLAK MULIA DAN MAMPU MENJADI TAULADAN BAGI REKAN-REKAN YANG LAIN. SEMBOYAN TUT WURI HANDAYANI, ING MADYA MANGUN KARSA DAN ING NGARSO SUNG TULODO (DI TENGAH – TENGAH MEMBANGUN  MOTIVASI, DI BELAKANG SENANTIASA MENDORONG SEMANGAT, DAN DI DEPAN MENJADI TAULADAN) HARUS SAUDARA JUNJUNG DAN JADIKAN PANUTAN DALAM MELANGKAH SEBAGAI SEORANG PEMIMPIN DI SEKOLAH
-    UNTUK MENJADI KEPALA SEKOLAH, SAUDARA-SAUDARA DIANGGAP TELAH MEMILIKI INTEGRITAS KEPRIBADIAN SEBAGAI PEMIMPIN.
-    MEMILIKI KEINGINAN YANG KUAT UNTUK PENGEMBANGAN DIRI;
-    BERSIKAP TERBUKA DALAM MENGELOLA KEGIATAN YANG ADA
-    MAMPU MENGENDALIKAN DIRI DALAM MENGHADAPI BERBAGAI MASALAH YANG TERJADI

KEDUA, DIMENSI MANAJERIAL
-      MENNYUSUN BERBAGAI RENCANA KEGIATAN DI SEKOLAH
-      MENGELOLA PERUBAHAN, SERTA SUMBER-SUMBER YANG ADA;
-      MEMBERIKAN MOTIVASI DAN BIMBINGAN KEPADA REKAN-REKAN
-      MELAKUKAN EVALUASI TERHADAP BERBAGAI KEGIATAN,
-      MELAPORKAN SELURUH RANGKAIA KEGIATAN, BAIK KEGIATAN ADMINISTRATIF MAUPUN KEGIATAN FISIK BERDASARKAN KETENTUAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU.

KETIGA, DIMENSI KEWIRAUSAHAN
-    SEBAGAI KEPALA SEKOLAH, SAUDARA HARUS MAMPU MENCIPTAKAN INOVASI YANG BERGUNA UNTUK KEMAJUAN SEKOLAH;
-    MEMILIKI NALURI SEBAGAI SEORANG WIRAUSAHA DALAM MENGELOLA KEGIATAN DI SEKOLAH. MAMPU MENCIPTAKAN PRODUK/JASA YANG MEMILIKI NILAI.

KEEMPAT, DIMENSI SUPERVISI
-    PADA DIMENSI INI, SAUDARA-SAUDARA MAMPU MELAKSANAKAN SUPERVISI TERHADAP AKADEMIK YANG ADA DI SEKOLAH. SELANJUTNYA HASIL SUPERVISI HARUS SAUDARA TUANGKAN DALAM RENCANA KERJA TINDAKLANJUT, DAN PADA AKHIRNYA MAMPU MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU

KELIMA, DIMENSI SOSIAL
-    SEBAGAI WARGA MASYARAKAT, SEKOLAH TIDAK BISA DILEPASKAN DARI KEHIDUPAN MASYARAKAT, SAYA PERCAYA SAUDARA SENANTIASA PRO AKTIF BEKERJASAMA DENGAN PIHAK MANAPUN JUGA DALAM MEMBANGUN SEKOLAH YANG SAUDARA PIMPIN

PARA KEPALA SEKOLAH YANG KAMI BANGGAKAN,
KEPALA SEKOLAH BUKANLAH SATU JABATAN, MELAINKAN TUGAS TAMBAHAN YANG DIBERIKAN. ARTINYA SELAIN SEBAGAI KEPALA SEKOLAH, SAUDARA-SAUDARA TETAP MASIH BERSTATUS SEBAGAI PENDIDIK. DALAM KONTEKS SEBAGAI PENDIDIK, MAKA POSISI DAN TANGGUNGJAWAB SAUDARA SAMA SEPERTI REKAN-REKAN YANG LAIN YANG ADA DI SEKOLAH. PROSES PENGAJARAN, PELATIHAN DAN TANGGUNGJAWAB LAINNYA HARUS SAUDARA-SAUDARA LAKSANAKAN.

PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH TETAPLAH MENJADI TUGAS UTAMA SAUDARA SEBAGAI PENDIDIK/ ATAU GURU. 

PENDIDIKAN ABAD 21 BERBEDA DENGAN ABAD SEBELUMYA, TELAH TERJADI PERUBAHAN PARADIGMA (CARA PANDANG) DALAM PENDIDIKAN ATAU PEMBELAJARAN. PERUBAHAN PARADIGMA PEMBALAJARAN SAAT ABAD 21 INI ANTARA LAIN:

A. DARI BERPUSAT PADA GURU MENUJU BERPUSAT PADA SISWA. JIKA DAHULU BIASANYA YANG TERJADI ADALAH GURU BERBICARA DAN SISWA MENDENGAR, MENYIMAK, DAN MENULIS – MAKA SAAT INI GURU HARUS LEBIH BANYAK MENDENGARKAN SISWANYA SALING BERINTERAKSI, BERARGUMEN, BERDEBAT, DAN BERKOLABORASI. FUNGSI GURU DARI PENGAJAR BERUBAH DENGAN SENDIRINYA MENJADI FASILITATOR BAGI SISWA-SISWANYA.
B. DARI SATU ARAH MENUJU INTERAKTIF.  JIKA DAHULU MEKANISME PEMBELAJARAN YANG TERJADI ADALAH SATU ARAH DARI GURU KE SISWA, MAKA SAAT INI HARUS TERDAPAT INTERAKSI YANG CUKUP ANTARA GURU DAN SISWA DALAM BERBAGAI BENTUK KOMUNIKASINYA. GURU BERUSAHA MEMBUAT KELAS SEMENARIK MUNGKIN MELALUI BERBAGAI PENDEKATAN INTERAKSI YANG DIPERSIAPKAN DAN DIKELOLA.
C. DARI ISOLASI MENUJU LINGKUNGAN JEJARING. JIKA DAHULU SISWA HANYA DAPAT BERTANYA PADA GURU DAN BERGURU PADA BUKU YANG ADA DI DALAM KELAS SEMATA, MAKA SEKARANG INI YANG BERSANGKUTAN DAPAT MENIMBA ILMU DARI SIAPA SAJA DAN DARI MANA SAJA YANG DAPAT DIHUBUNGI SERTA DIPEROLEH VIA INTERNET.
D.DARI PASIF MENUJU AKTIF MENYELIDIKI. JIKA DAHULU SISWA DIMINTA UNTUK PASIF SAJA MENDENGARKAN DAN MENYIMAK BAIK-BAIK APA YANG DISAMPAIKAN GURUNYA AGAR MENGERTI, MAKA SEKARANG DISARANKAN AGAR SISWA HARUS LEBIH AKTIF DENGAN CARA MEMBERIKAN BERBAGAI PERTANYAAN YANG INGIN DIKETAHUI JAWABANNYA.
E. DARI MAYA/ABSTRAK MENUJU KONTEKS DUNIA NYATA. JIKA DAHULU CONTOH-CONTOH YANG DIBERIKAN GURU KEPADA SISWANYA KEBANYAKAN BERSIFAT ARTIFISIAL, MAKA SAAT INI SANG GURU HARUS DAPAT MEMBERIKAN CONTOH-CONTOH YANG SESUAI DENGAN KONTEKS KEHIDUPAN SEHARI-HARI DAN RELEVAN DENGAN BAHAN YANG DIAJARKAN.
F. DARI PRIBADI MENUJU PEMBELAJARAN BERBASIS TIM. JIKA DAHULU PROSES PEMBELAJARAN LEBIH BERSIFAT PERSONAL ATAU BERBASISKAN MASING-MASING INDIVIDU, MAKA YANG HARUS DIKEMBANGKAN SAAT INI ADALAH MODEL PEMBELAJARAN YANG MENGEDEPANKAN KERJASAMA ANTAR INDIVIDU.
G.DARI LUAS MENUJU PERILAKU KHAS MEMBERDAYAKAN KAIDAH KETERIKATAN. JIKA DAHULU ILMU ATAU MATERI YANG DIAJARKAN LEBIH BERSIFAT UMUM (SEMUA MATERI YANG DIANGGAP PERLU DIBERIKAN), MAKA SAAT INI HARUS DIPILIH BENAR-BENAR ILMU ATAU MATERI YANG BENAR-BENAR RELEVAN UNTUK DITEKUNI DAN DIPERDALAM SECARA SUNGGUH-SUNGGUH (HANYA MATERI YANG RELEVAN BAGI KEHIDUPAN SANG SISWA YANG DIBERIKAN).
H.DARI STIMULASI RASA TUNGGAL MENUJU STIMULASI KE SEGALA PENJURU. JIKA DAHULU SISWA HANYA MENGGUNAKAN SEBAGIAN PANCA INDERANYA DALAM MENANGKAP MATERI YANG DIAJARKAN GURU (MATA DAN TELINGA), MAKA SAAT INI SELURUH PANCA INDERA DAN KOMPONEN JASMANI-ROHANI HARUS TERLIBAT AKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN (KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK).
I.  DARI ALAT TUNGGAL MENUJU ALAT MULTIMEDIA. JIKA DAHULU ILMU GURU HANYA MENGANDALKAN PAPAN TULIS UNTUK MENGAJAR, MAKA SAAT INI DIHARAPKAN GURU DAPAT MENGGUNAKAN BERANEKARAGAM PERALATAN DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN YANG TERSEDIA – BAIK YANG BERSIFAT KONVENSIONAL MAUPUN MODEREN.
J.  DARI HUBUNGAN SATU ARAH BERGESER MENUJU KOOPERATIF. JIKA DAHULU SISWA HARUS SELALU SETUJU DENGAN PENDAPAT GURU DAN TIDAK BOLEH SAMA SEKALI MENENTANGNYA, MAKA SAAT INI HARUS ADA DIALOG ANTAR GURU DAN SISWA UNTUK MENCAPAI KESEPAKATAN BERSAMA.
K. DARI PRODUKSI MASSA MENUJU KEBUTUHAN PELANGGAN.  JIKA DAHULU SELURUH SISWA TANPA KECUALI MEMPEROLEH BAHAN ATAU KONTEN MATERI YANG SAMA, MAKA SEKARANG INI SETIAP SISWA BERHAK UNTUK MENDAPATKAN KONTEN SESUAI DENGAN KETERTARIKAN ATAU KEUNIKAN POTENSI YANG DIMILIKINYA.
L.  DARI USAHA SADAR TUNGGAL MENUJU JAMAK. JIKA DAHULU SISWA HARUS SECARA SERAGAM MENGIKUTI SEBUAH CARA DALAM BERPROSES MAKA YANG HARUS DITONJOLKAN SAAT INI JUSTRU ADANYA KEBERAGAMAN INISIATIF YANG TIMBUL DARI MASING-MASING INDIVIDU.
M.         DARI SATU ILMU PENGETAHUAN BERGESER MENUJU PENGETAHUAN DISIPLIN JAMAK. JIKA DAHULU SISWA HANYA MEMPELAJARI SEBUAH MATERI ATAU FENOMENA DARI SATU SISI PANDANG ILMU, MAKA SAAT INI KONTEKS PEMAHAMAN AKAN JAUH LEBIH BAIK DIMENGERTI MELALUI PENDEKATAN PENGETAHUAN MULTI DISIPLIN.
N.DARI KONTROL TERPUSAT MENUJU OTONOMI DAN KEPERCAYAAN. JIKA DAHULU SELURUH KONTROL DAN KENDALI KELAS ADA PADA SANG GURU, MAKA SEKARANG INI SISWA DIBERI KEPERCAYAAN UNTUK BERTANGGUNG JAWAB ATAS PEKERJAAN DAN AKTIVITASNYA MASING-MASING.
O.DARI PEMIKIRAN FAKTUAL MENUJU KRITIS. JIKA DAHULU HAL-HAL YANG DIBAHAS DI DALAM KELAS LEBIH BERSIFAT FAKTUAL, MAKA SEKARANG INI HARUS DIKEMBANGKAN PEMBAHASAN TERHADAP BERBAGAI HAL YANG MEMBUTUHKAN PEMIKIRAN KREATIF DAN KRITIS UNTUK MENYELESAIKANNYA.
P.DARI PENYAMPAIAN PENGETAHUAN MENUJU PERTUKARAN PENGETAHUAN. JIKA DAHULU YANG TERJADI DI DALAM KELAS ADALAH “PEMINDAHAN” ILMU DARI GURU KE SISWA, MAKA DALAM ABAD MODEREN INI YANG TERJADI DI KELAS ADALAH PERTUKARAN PENGETAHUAN ANTARA GURU DAN SISWA MAUPUN ANTARA SISWA DENGAN SESAMANYA.


DEMIKIAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN,
SEMOGA KITA SENANTIASA DIBERI KEKUATAN DAN PETUNJUK OLEH YANG MAHA KUASA. DUNIA PENDIDIKAN DI BUMI UNCAK KAPUAS TERUS MENGALAMI KEMAJUAN DAN PENINGKATAN DARI WAKTU KE WAKTU.

SEMOGA KITA SELALU BERSATU PADU, SAMAKAN LANGKAH DAN SENANTIASA BERGANDENG TANGAN DALAM MEWUJUDKAN CITA-CITA PENDIDIKAN. BANGSA YANG CERDAS DAN SEJAHTERA.

WABILLAHI TAUFIK......
PUTUSSIBAU,    FEBRUARI 2015
BUPATI KAPUAS HULU,


A.M. NASIR, S.H

Tidak ada komentar: