Minggu, 13 Februari 2011

PIDATO BUPATI KAPUAS HULU DALAM ACARA PERESMIAN KEGIATAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MPD) DI KECAMATAN BUNUT HULU TA 2010



B U P A T I   K A P U A S   H U L U

PIDATO BUPATI KAPUAS HULU
DALAM ACARA PERESMIAN KEGIATAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MPD) DI KECAMATAN BUNUT HULU TA 2010
DI  KABUPATEN KAPUAS HULU


YTH.     KETUA DPRD SERTA ANGGOTA DPRD KAB. KAPUAS HULU.
YTH.     SATUAN KERJA DAN TIM KORDINASI PNPM – MANDIRI PERDESAAN KABUPATEN KAPUAS HULU
YTH.    KEPALA BADAN, DINAS, KANTOR, DAN BAGIAN DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT DAERAH  PEMERINTAH KABUPATEN KAPUAS HULU
YTH.    CAMAT BUNUT HULU
YTH.    TOKOH AGAMA, TOKOH ADAT, TOKOH PEMUDA DAN TAMU UNDANGAN YANG KAMI MULIAKAN

“PARA PELAKU PNPM-MANDIRI PERDESAAN KECAMATAN BUNUT HULU  YANG KAMI CINTAI DAN KAMI BANGGAKAN”

UNTUK MENGAWALI  KEGIATAN PERESMIAN KEGIATAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MPD) TAHUN ANGGARAN 2010 DI KECAMATAN BUNUT HULU, MARILAH DENGAN SEGENAP KERENDAHAN HATI DAN KELUHURAN JIWA, SEJENAK  KITA TUNDUKKAN  KEPALA, SERAYA MEMANJATKAN  PUJA DAN PUJI SYUKUR KE-HADIRAT ALLAH TUHAN YANG MAHA ESA ATAS SEGALA NIKMAT DAN KARUNIA-NYA YANG SENANTIASA DIBERIKAN, SEHINGGA KITA SEMUA SENANTIASA DALAM KEADAAN SEHAT WAL AFI’A.
SEMOGA ALLAH YANG MAHA KUASA MERIDOI SELURUH RANGKAIAN KEGIATAN INI SAMPAI DENGAN SELESAI.




KITA SEMUA YAKIN DAN PERCAYA, BAHWA SELURUH PENGABDIAN YANG KITA LAKSANAKAN DENGAN TULUS DAN IKHLAS TERHADAP BANGSA, NEGARA, SERTA MASYARAKAT AKAN MENDAPAT BALASAN YANG SETIMPAL DARI-NYA. AMIN.

SAUDARA KETUA DPRD DAN ANGGOTA DPRD KAB. KAPUAS HULU.
SERTA HADIRIN YANG KAMI MULIAKAN,
PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT ATAU YANG LEBIH KITA KENAL DENGAN PNPM DILIHAT DARI ASPEK HISTORIS, PNPM MANDIRI DILUNCURKAN OLEH PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO PADA TANGGAL 30 APRIL 2007 DI KOTA PALU, SULAWESI TENGAH.
PROGRAM INI MERUPAKAN SCALING UP (PENGEMBANGAN  YANG LEBIH LUAS) DARI PROGRAM-PROGRAM YANG BERTUJUAN SEBAGAI PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN PADA ERA-ERA SEBELUMNYA.
PNPM MANDIRI DIGAGAS UNTUK MENJADI PAYUNG (KOORDINASI) DARI PULUHAN  PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DARI BERBAGAI DEPARTEMEN YANG ADA PADA SAAT ITU, KHUSUSNYA YANG MENGGUNAKAN KONSEP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (COMMUNITY DEVELOPMENT) SEBAGAI PENDEKATAN OPERASIONALNYA. 
LAHIRNYA PNPM MANDIRI TIDAK SECARA SPONTAN. SETELAH PRESIDEN MENDAPAT LAPORAN DARI BERBAGAI PIHAK, MENGIRIM UTUSAN KE BERBAGAI DAERAH, WAWANCARA LANGSUNG DENGAN PELAKU PROGRAM, BAHKAN SUDAH LEBIH DARI 30 NEGARA MENGIRIMKAN DUTANYA UNTUK BELAJAR TENTANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT  DI INDONESIA,  MAKA MULAI  AWAL TAHUN 2006 GAGASAN PNPM SUDAH MENJADI WACANA DI ISTANA NEGARA. TEPATNYA PADA BULAN AGUSTUS 2006, PRESIDEN MEMUTUSKAN BAHWA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT HARUS MENJADI PROGRAM NASIONAL. KEMUDIAN LAHIRLAH PADA TAHUN ITU KEBIJAKAN TENTANG PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT.

DUA PROGRAM YANG MENJADI PILAR UTAMA PNPM MANDIRI SEBELUM PROGRAM-PROGRAM LAIN BERGABUNG, ADALAH : PPK (PROGRAM PENGEMBANGAN KECAMATAN) DAN P2KP (PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI PERKOTAAN). KEMUDIAN MULAI BERGABUNG PADA TAHUN-TAHUN BERIKUTNYA KE DALAM PNPM MANDIRI ADALAH P2DTK, PPIP, PUAP, PISEW DAN PARIWISATA. 

HADIRIN YANG KAMI HORMATI,
SEBAGAIMANA KITA KETAHUI, SEBELUM DILUNCURKANNYA PNPM MANDIRI PADA TAHUN 2007, TELAH BANYAK PROGRAM-PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI INDONESIA YANG MENGGUNAKAN KONSEP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (COMMUNITY DEVELOPMENT) SEBAGAI PENDEKATAN OPERASIONALNYA.
DIMULAI DARI PROGRAM YANG PALING TERKENAL DI MASA PEMERINTAHAN ORDE BARU, ADALAH PROGRAM IDT (INPRES DESA TERTINGGAL) YANG DIMULAI PADA TAHUN 1993/1994, AWAL REPELITA VI.
PROGRAM INI MERUPAKAN MANIVESTASI DARI INSTRUKSI PRESIDEN NOMOR 5 TAHUN 1993 TENTANG PENINGKATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN. PROGRAM IDT DILAKSANAKAN DENGAN MEMBERIKAN BANTUAN MODAL USAHA BERUPA DANA BERGULIR KEPADA LEBIH 20 RIBU DESA TERTINGGAL DENGAN DANA SEBESAR RP. 20 JUTA SETIAP TAHUN. BANTUAN DANA BERGULIR INI DIBERIKAN SELAMA 3 TAHUN ANGGARAN.
SEJALAN DENGAN BANTUAN DANA BERGULIR TERSEBUT PEMERINTAH JUGA MEMBERIKAN BANTUAN TEKNIS PENDAMPINGAN YANG MEMBERIKAN BANTUAN TEKNIS KEPADA MASYARAKAT DESA DALAM RANGKA PEMANFAATAN DANA BERGULIR TERSEBUT.
BELAJAR DARI KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN IDT, KEMUDIAN LAHIR GENERASI KEDUA PROGRAM-PROGRAM PENGENTASAN KEMISKINAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT LAINNYA ADALAH :
PPK (PROGRAM PENGEMBANGAN KECAMATAN) YANG DILAKSANAKAN DEPARTEMEN DALAM NEGERI - 1998,                                              
P2KP (PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI PERKOTAAN) YANG DILAKSANAKAN DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM - 1999,                  PEMP (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT PESISIR) YANG DILAKSANAKAN DEPARTEMEN KELAUTAN DAN PERIKANAN,           KUBE (KELOMPOK USAHA BERSAMA) YANG DILAKSANAKAN DEPARTEMEN SOSIAL, DAN LAIN-LAIN.
PROGRAM-PROGRAM TERSEBUT BERJALAN SENDIRI-SENDIRI MENURUT KEBIJAKAN DEPARTEMEN YANG BERSANGKUTAN, TIDAK TERINTEGRASI, PARSIAL DAN SEKTORAL.

HADIRIN YANG KAMI HORMATI,
SERTA SELURUH PELAKU PNPM MANDIRI PERDESAAN YANG KAMI CINTAI
PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM MANDIRI PERDESAAN ATAU PNPM-PERDESAAN) MERUPAKAN SALAH SATU PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT YANG MENDUKUNG PNPM MANDIRI YANG WILAYAH KERJA DAN TARGET SASARANNYA ADALAH MASYARAKAT PERDESAAN. PNPM MANDIRI PERDESAAN MENGADOPSI SEPENUHNYA MEKANISME DAN PROSEDUR PROGRAM PENGEMBANGAN KECAMATAN (PPK) YANG TELAH DILAKSANAKAN SEJAK 1998-2007.
PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT INI DAPAT DIKATAKAN SEBAGAI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TERBESAR DI TANAH AIR, BAHKAN TERBESAR DI DUNIA. DALAM PELAKSANAANNYA, PROGRAM INI MEMPRIORITASKAN KEGIATAN BIDANG INFRASTRUKTUR DESA, PENGELOLAAN DANA BERGULIR BAGI KELOMPOK PEREMPUAN, KEGIATAN PENDIDIKAN DAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT  DI WILAYAH PERDESAAN. PROGRAM INI TERDIRI DARI TIGA KOMPONEN UTAMA, YAITU : 
A)   DANA BLM (BANTUAN LANGSUNG MASYARAKAT)  UNTUK KEGIATAN PEMBANGUNAN,
B)   DANA OPERASIONAL KEGIATAN (DOK) UNTUK KEGIATAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN PARTISIPATIF DAN KEGIATAN PELATIHAN MASYARAKAT (CAPACITY BUILDING),  DAN
C)   PENDAMPINGAN MASYARAKAT YANG DILAKUKAN OLEH PARA FASILITATOR PEMBERDAYAAN, FASILITATOR TEKNIK DAN FASILITATOR KEUANGAN.
DALAM PNPM MANDIRI PERDESAAN, SELURUH ANGGOTA MASYARAKAT DIDORONG UNTUK TERLIBAT DALAM SETIAP TAHAPAN KEGIATAN SECARA PARTISIPATIF, MULAI DARI PROSES PERENCANAAN, PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENGGUNAAN DAN PENGELOLAAN DANA SESUAI KEBUTUHAN PALING PRIORITAS DI DESANYA, SAMPAI PADA PELAKSANAAN KEGIATAN DAN PELESTARIANNYA.
PELAKSANAAN PNPM MANDIRI PERDESAAN BERADA DI BAWAH BINAAN DIREKTORAT PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA (PMD), DEPARTEMEN/KEMENTRIAN DALAM NEGERI. PROGRAM INI DIDUKUNG DENGAN PEMBIAYAAN YANG BERSUMBER DARI ALOKASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA (APBN), ALOKASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD), PARTISIPASI DARI CSR (CORPORANTE SOCIAL RESPONCIBILITY) DAN DARI DANA HIBAH SERTA PINJAMAN DARI SEJUMLAH LEMBAGA DAN NEGARA PEMBERI BANTUAN DIBAWAH KOORDINASI BANK DUNIA.

HADIRIN YANG KAMI HORMATI,
PELAKU PNPM MANDIRI PERDESAAN KECAMATAN BUNUT HULU YANG KAMI CINTAI

MASUKNYA PROGRAM PENGEMBANGAN KECAMATAN (PPK) DI KABUPATEN KAPUAS HULU DIMULAI SEJAK PERTAMA KALI DILUNCURKANNYA PROGRAM INI, YAKNI PADA TAHUN 2007, INI ARTINYA, PEMERINTAH KABUPATEN KAPUAS HULU TELAH SECARA PRO AKTIF TERLIAT DALAM PROGRAM PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT INI.

SELANJUTNYA DI KECAMATAN BUNUT HULU SENDIRI, PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN ATAU YANG LEBIH KITA KENAL “PNPM-MP”, DIMULAI PADA PERTAMA KALI SEIRING DILUNCURKANNYA PROGRAM INI MELALUI MASUKNYA PROGRAM PENGEMBANGAN KECAMATAN (PPK) PERTAMA KALI DI KABUPATEN KAPUAS HULU.

HADIRIN YANG KAMI HORMATI,
PELAKU PNPM MANDIRI PERDESAAN KECAMATAN BUNUT HULU YANG KAMI CINTAI
DALAM PROSES PERJALANANNYA, PNPM-MP”, MENGALAMI BERBAGAI DINAMIKA DARI BERBAGAI ASPEK.
DILIHAT DARI ASPEK SASARAN YANG TELAH DICAPAI, PADA TATANAN PEMBANGUNAN SARANA PRASARANA DASAR, KITA SAMA-SAMA MENGAKUI, ADA BANYAK HASIL YANG TELAH DICAPAI MELALUI PROGRAM INI, PADA TAHUN 2007, ALOKASI DANA PNPM-MO TELAH MENDANAI 48 SARANA PRASARANA, TAHUN 2008 MENDANAI 73 SARANA PRASARANA, TAHUN 2009 MENDANAI 68 SARANA PRASARANA, SEMENTARA TAHUN 2010 TAHAPAN PELAKSANAAN KEGIATAN MASIH DALAM PROSES.

DARI ASPEK PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA, SALAH SATU TUJUAN “PNPM-MP” ADALAH  MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN SECARA FORMAL PADA TAHAPAN PENDIDIKAN DASAR, PADA USAHA PENGEMBANGAN SDM LAINNYA JUGA, PNPM-MP  SETIDAKNYA TELAH MULAI MEMBUKA CAKRAWALA PEMIKIRAN DAN “MINESHEET” (POLA PIKIR) KE ARAH PEMIKIRAN YANG  STRATEGIS DAN KRITIS TERHADAP SEGALA ASPEK PEMBANGUNAN DENGAN DIIMBANGI OLEH SIKAP YANG PARTISIPATIF, RESPONSIF DAN AKUNTABEL.
DARI ASPEK PEREKONOMIAN, ALOKASI PNPM-MP YANG DIPERUNTUKKAN UNTUK KELOMPOK USAHA EKONOMI PRODUKTIF PEREMPUAN (USAHA SIMPAN PINJAM PEREMPUAN), DAPAT KAMI  SAMPAIKAN SAMPAI SAAT INI, DARI MODAL AWAL SEBESAR 6,7 MILYAR SUDAH BERKEMBANG MENJADI 7,6 MILYAR LEBIH ATAU MENGALAMI PERTUMBUHAN SEBESAR 13,55%, DENGAN JUMLAH KELOMPOK PEMANFAAT SEBANYAK 722 KELOMPOK SPP SE KABUPATEN KAPUAS HULU.

DARI ASPEK PENGUATAN KELEMBAGAAN, PNPM-MP  BERTUJUAN UNTUK MEWUJUDKAN TATA KELOLA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE). IMPLEMENTASI KEPEMERINTAHAN YANG BAIK, SEPERTI PARTISIPATIF, TRANSPARAN, AKUNTANBEL DAN BERPIHAK PADA MASYARAKAT MISKIN TERAKOMODIR PADA PRINSIP-PRINSIP MENDASAR PROGRAM INI. INI ARTINYA JUGA, BAHWA PNPM-MP BERJALAN BERIRINGAN DENGAN NILAI-NILAI TATA KELOLA KEPEMERINTAHAN YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE).

HADIRIN YANG KAMI HORMATI,
PELAKU PNPM MANDIRI PERDESAAN KECAMATAN BUNUT HULU YANG KAMI CINTAI
TERLEPAS DARI BERBAGAI KEBERHASILAN YANG TELAH DICAPAI, SEBAGAI SEBUAH PROGRAM YANG TERHITUNG MASIH MUDA, PELAKSANAAN PNPM-MP JUGA TIDAK TERLEPAS DARI BERBAGAI PENYIMPANGAN MAUPUN PENYELEWENGAN.

HADIRIN YANG KAMI HORMATI,
PELAKU PNPM MANDIRI PERDESAAN KECAMATAN BUNUT HULU YANG KAMI CINTAI
GUNA MENGOPTIMALISASI SELURUH TUJUAN MAUPUN SASARAN YANG INGIN DICAPAI MELALU PROGRAM PNPM-MP, MAKA PERAN AKTIF KITA SEMUA UNTUK SENANTIASA BERSAMA-SAMA MEMBERIKAN SUMBANGSIH SARAN, PIKIRAN DAN TINDAKAN NYATA.

PNPM-MP ADALAH PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PERANAN SAUDARA-SAUDARA SANGAT BERARTI TERHADAP KELANGSUNGAN DAN KESUKSESAN PROGRAM INI.
UNTUK ITULAH, PADA KESEMPATAN INI, SAYA MENGHARAPKAN PARTISIPASI PENUH DARI SAUDARA-SAUDARA TERHADAP PROGRAM INI SEHINGGA PADA GILIRANNYA PNPM-MP MAMPU MEWUJUDKAN MANFAAT BAGI PENINGKATAN KUALITAS KEHIDUPAN BANGSA, NEGARA DAN MASYARAKAT YANG KITA CINTAI BERSAMA.

HADIRIN YANG KAMI HORMATI,
PELAKU PNPM MANDIRI PERDESAAN KECAMATAN BUNUT HULU YANG KAMI CINTAI
PADA KESEMPATAN INI JUGA, DAPAT KAMI SAMPAIKAN BAHWA PADA TAHUN 2011 INI, PNPM-MP SEDANG MELAKSANAKAN TAHAPAN PENGINTEGRASIAN ATAU PENGGABUNGAN, YAKNI ANTAR USULAN YANG DISAMPAIKAN MELALU MEKANISME MUSRENBANG, DENGAN USULAN YANG DIBAWA MELALUI MEKANIME PROGRAM.



TAHAP PENGINTEGRASIAN INI MERUPAKAN IMPLEMENTASI TERHADAP UPAYA-UPAYA MENSINKRONISASI SELURUH USULAN MAUPUN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN YANG ADA. JIKA SELAMA INI, PNPM MP YANG DIKERJAKAN OLEH PARA PELAKU PROGRAM TERKESAN BERJALAN SENDIRI DENGAN KEGIATAN MUSRENBANG YANG DIKERJAKAN OLEH PARA PELAKU APARAT/INSTITUSI LOKAL, MAKA PADA TAHUN 2011 INI, SELURUH MEKANISME PEMBANGUNAN DIHARAPKAN TERKOORDINIR DAN BERJALAN SECARA SINERGI.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA, SERTA
PELAKU PNPM-MP YANG KAMI BANGGAKAN
SEBAGAI PENUTUP, DAPAT KAMI INFORMASIKAN JUGA, BAHWA SAMPAI SAAT INI, PNPM-MP DI KABUPATEN KAPUAS HULU TELAH TERSEBAR DI 16 (ENAM BELAS KECAMATAN) DARI 23 KECAMATAN YANG ADA DI KABUPATEN KAPUAS HULU. INI MENUNJUKKAN BAHWA PNPM MANDIRI PERDESAAN DARI HARI KE HARI SEMAKIN MENGALAMI PENINGKATAN, BAIK DARI ASPEK KUANTITAS MAUPUN KUALITAS PENGEMBANGANNYA.

KETUA DPRD SERTA ANGGOTA DPRD KAB. KAPUAS HULU.
HADIRIN YANG BERBAHAGIA, SERTA
PELAKU PNPM-MP YANG KAMI BANGGAKAN

DEMIKIAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN, MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN, TERIMA KASIH ATAS SEGALA PERHATIAN.
AKHIRNYA DENGAN MENGUCAPKAN BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM,      ”PENANDATANGANAN KEGIATAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MPD) TAHUN ANGGARAN 2010 DI KECAMATAN BUNUT HULU ,  SAYA NYATAKAN SECARA RESMI DITANDATANGANI”
WASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH,
SELAMAT PAGI DAN SALAM SEJAHTERA

BUNUT HULU,   26 JANUARI 2011
BUPATI KAPUAS HULU,


A.M NASIR, SH

Tidak ada komentar:

LAPORAN PELAKSANAAN GASING DI KEDAMIN

LAPORAN KETUA PANITIA PENYELENGGARA KOMUNITAS GASING KEDAMIN WAKIL BUPATI KAPUAS HULU YANG KAMI HORMATI PIMPINAN ORGANISASI PERANGKAT DAERA...